REKOMENDASI TEMBAKAU UNTUK PEMULA



Kenaikan cukai rokok berimbas pada mahalnya harga jual rokok mengakibatkan banyak perokok yang beralih ke tembakau linting, namun banyak di antara mereka masih belum memahami tembakau bahwasanya tembakau memiliki berbagai karakter, baik karakter hisapan, rasa maupun fisik. Akibatnya banyak yang "salah beli" sehingga menimbulkan rasa jera untuk beralih ke tingwe karena tidak sesuai dengan harapan.

"Tidak mau ribet", menjadikan para pelinting pemula memilih tembakau yang tidak membutuhkan "bumbu" untuk bisa dinikmati atau biasa disebut tembakau putihan/polosan. Berikut ini berbagai rekomendasi dari Setrombako untuk tembakau yang cocok untuk kawan-kawan yang baru mau beralih ke tembakau linting.

1. DARMAWANGI

Tembakau ini berasal dari Majalengka, Jawa Barat, memiliki warna yang cerah dengan rajangan yang halus dan dilipat rapi seperti tumpukan baju. Karakter hisapannya ringan dengan sedikit rasa manis dan gurih, ditambah dengan aroma asapnya yang harum menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk dilinting dimanapun karena asapnya tidak mengganggu sekitar.

2. TANJUNGSARI

Tembakau ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Memiliki warna, karakter dan lipatan yang hampir sama dengan Darmawangi, hanya saja biasanya di pasaran dijual lebih murah daripada Darmawangi.

3. PLOSO

Tembakau ini berasal dari area Gunung Kidul, Yogyakarta. Memiliki warna kekuningan dan rajangan yang mirip dengan rambut jagung, hisapannya pun ringan ditambah dengan rasa manis yang menggoyang lidah serta aroma asap yang wangi. Biasanya mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di daerah Yogyakarta

4. BESUKI

Tembakau ini berasal dari Taman Kursi, Besuki, Jawa Timur. Rajangannya lembut dengan warna kekuningan. Karakternya ringan dengan rasa manis dan gurih serta asapnya yang wangi. Berdasarkan karakternya sekilas karakternya mirip dengan rokok putih.

5. MADURA

Tembakau ini berasal dari Pulau Garam alias Madura. Terdapat banyak lahan penanaman tembakau di sana dengan berbagai karakter yang tersaji dan secara umum bisa disimpulkan bahwa karakter hisapannya ringan, wangi dan rasa gurih plus manisnya yang cukup kuat, menjadikannya favorit para pelinting.

Masih ada banyak lagi tembakau yang sekiranya sangat cocok untuk para pemula, tapi ingat, semua kembali ke selera masing-masing. Karena tak jarang pula ada pelinting pemula langsung menginginkan tembakau dengan karakter hisapan agak berat agar terasa "kenyang" dengan nikotin yang deras mengalir dalam tubuh.

Sekarang semua tembakau-tembakau tersebut sudah mudah ditemukan di banyak kios-kios tembakau di berbagai daerah, baik kios online maupun offline. Selamat hunting tembakau favoritmu kawan! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH TEMBAKAU RAKYAT YANG BERJASA MEMBUAT PETANI BISA BERHAJI

CARA MEMBUAT BLEND / CAMPURAN TEMBAKAU

TEMBAKAU SRINTHIL