MELINTING BIKIN PUSING?


Sebuah hipotesa dari kami, selamat membaca dan mencerna.

Tingwe atau Linting Dhewe merupakan sebuah aktivitas mencari kenikmatan dari sejumput tembakau yang dilinting menggunakan kertas khusus tembakau lalu kemudian ditaburi berbagai bumbu seperti cengkeh, kelembak, kemenyan atau yang lainnya.

Dalam beberapa kasus, banyak para pelinting pemula yang mengeluhkan pusing bahkan sampai mual saat pertama kali melinting. Rata-rata mereka mengira tembakau yang dilinting tidak cocok atau bahkan dicampur dengan bahan kimia.

Padahal.

Sama seperti alkohol, tiap-tiap manusia memiliki toleransi terhadap nikotin yang berbeda-beda. Jika toleransinya tinggi, maka rasa pusing tersebut tidak akan terasa, begitu pula sebaliknya.

Lalu, kenapa bisa pusing?

Nikotin adalah senyawa yang terdapat dalam daun tembakau. Saat nikotin masuk ke dalam tubuh, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang mana menyebabkan rasa rileks, damai serta bahagia. Tapi, jika dosis atau kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh berlebih maka kepala akan terasa pusing karena nikotin mempengaruhi syaraf.

Jadi, bukan karena tidak cocok atau ada bahan kimia lainnya, melainkan karena kadar nikotin yang jauh berbeda dengan rokok pabrikan yang mana sudah ditentukan oleh negara perihal batas maksimum kadar nikotin dan tar di dalam sebatang rokok.

Banyak tembakau murni memiliki kadar nikotin yang tinggi, salah satunya adalah tembakau Temanggung dan Madura. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH TEMBAKAU RAKYAT YANG BERJASA MEMBUAT PETANI BISA BERHAJI

CARA MEMBUAT BLEND / CAMPURAN TEMBAKAU

TEMBAKAU SRINTHIL